Mengapa Para Pria Terobsesi Dengan Jam Tangan

Jam tangan biasa yang murah oleh produsen yang relatif tidak dikenal baru-baru ini berhasil mengumpulkan jutaan penjualan di Amerika dan juga melakukan hal yang sama di sini. Keberhasilannya tidak ada hubungannya dengan disainnya, atau kampanye pemasaran yang besar, namun faktanya adalah arloji yang saat ini disukai oleh presiden AS. Jorg Grey 6500 Chronometer, yang awalnya dirancang untuk anggota Dinas Rahasia AS, adalah hadiah ulang tahun untuk Barack Obama dari anggota tim keamanannya.

Ketika model £ 260 - yang membuat penampilan halus pada nominasi Demokrat Obama di Denver, pidato kemenangannya di Chicago, Hari Peresmian dan KTT G20 di London - diidentifikasi oleh Jeff Stein, seorang pengacara Atlanta dan hobi berkebangsaan Atlanta, kesuksesan komersialnya. dijamin Bukan karena apa yang ditawarkan sebagai jam tangan - model bertenaga baterai tidak lebih dari sekedar memberi tahu waktu dan memberikan stopwatch - tapi karena hubungannya. Memiliki salah satu dari ini menempatkan Anda di klub yang sama dengan orang paling kuat di dunia; dan pria seperti menjadi anggota klub seperti itu.

Jam tangan adalah bisnis besar akhir-akhir ini. Dan lima tahun terakhir ini telah terlihat pertumbuhan luar biasa di sektor ini. Industri jam tangan Swiss, misalnya, melihat ekspornya tumbuh dari £ 2.5bn pada tahun 1986 menjadi £ 10 miliar di tahun 2008. Semua ini terlepas dari kenyataan bahwa fungsi utama jam tangan - untuk memberi tahu waktu - telah dianggap sudah usang oleh penemuan ponsel dan BlackBerry. Jadi kenapa kita masih membelinya? Mengapa kepala negara masih memberi jam tangan ke tuan rumah pada saat kunjungan kenegaraan? (Silvio Berlusconi pasti sudah menyerahkan puluhan orang kepada Tony Blair selama bertahun-tahun.) Mengapa Bernie Madoff memiliki 17 Rolexes dan tujuh Cartier? Mengapa item yang paling umum dicuri dari pesepakbola kaya di Cheshire bukan mobil sport tapi jam tangan? Mengapa halaman majalah pria seperti Esquire dan GQ, atau publikasi seperti Spectator dan New Yorker, dihiasi dengan iklan glossy yang menampilkan selebriti daftar A yang mengenakan jam tangan yang harganya ribuan pound masing-masing?

Belum lama ini ayahmu akan memberi Anda jam tangan berlapis emas pada hari ulang tahunmu yang ke 21 dan itu akan terjadi. Tidak pernah terlintas dalam benak seseorang bahwa dia mungkin perlu menambahkan dua atau tiga lagi pada saat dia berusia 30 tahun. Dan tentu saja tidak pernah terlintas dalam pikirannya bahwa ketika dia mencapai usia 40 tahun, dia mungkin akan berterima kasih untuk menerima sebuah kotak kayu cerdas dengan pakaian yang berbeda. kompartemen untuk menyimpan "koleksi" jam tangannya.

Fakta bahwa pria masih membeli dan menghargai kualitas timepieces sangat menghibur sebuah industri yang, pada awal 1970-an, memikirkan waktunya, jika Anda akan memaafkan pun, telah datang. Penemuan jam kuarsa (dalam bentuk analog atau digital) pada tahun 1967 mungkin pada awalnya dipuji sebagai pencapaian teknologi yang hebat, namun tidak lama kemudian hal itu juga dianggap sebagai tantangan terbesar yang dihadapi arloji tradisional sejak arloji pertama kali menjadi populer di akhir perang dunia pertama. Fakta bahwa Casio murah dengan tampilan waktu LED yang berkedip adalah apa yang setiap hipster muda segera dambakan, ditambah dengan lesu ekonomi di mana dunia menemukan dirinya di tahun 1970an, menimbulkan bencana.

Butuh waktu beberapa tahun untuk menatap pusaka dan mengevaluasi kembali jam tangan itu sebelumnya, pada pertengahan 1980an, beberapa karakter kuat dan inventif di industri ini kembali dengan filosofi desain dan program pemasaran yang membawa sektor ini kembali. dari tepi jurang. Pelopor horologis ini memutuskan bahwa jam tangan tidak hanya menjadi pencatat waktu, mereka adalah karya mini yang memamerkan keahlian ekstrim, mewakili tradisi, menggabungkan teknologi dan inovasi yang dipeluk. Mereka secara efektif akan menjadi setelan Savile Row, mobil sport Ferrari, klub anggota Mayfair dan pesawat ruang angkasa Nasa digulung menjadi satu paket yang bisa duduk rapi di pergelangan tangan Anda.

Dan meski ukuran mereka, dan kehadiran pasif, jam tangan bahkan bisa memiliki sedikit olahraga, bahaya dan petualangan tentang mereka. Itu adalah 25 tahun yang lalu, misalnya, bahwa Tag Heuer menandatangani kesepakatan dengan tim McLaren formula dan tiba-tiba timepieces dikaitkan dengan salah satu olahraga paling terkenal di dunia dan beroktan tinggi. Apa yang pria tidak ingin memiliki sedikit bagian dari itu - bahkan jika yang paling dekat ia sampai ke Grand Prix Monaco adalah perjalanan 15 menit di jalur Underground Underground London?

Gagasan bahwa teknologi akan menghadapi pukulan fatal bagi arloji, namun tidak menyoroti. Pria sekarang memiliki ponsel dan BlackBerry dan juga bukan jamter timepieces mereka. Jam tangan adalah satu dari sedikit barang yang bisa dipakai pria yang menurutnya menampilkan karakter sejati, memberi isyarat bahwa dia adalah anggota klub tertentu - entah itu Audemars Piguet atau Swatch - dan menikmati sedikit pemborosan tanpa, umumnya , kritik menggambar. Jam tangan adalah wajah perhiasan pria yang bisa diterima: gelang bisa rapuh, cincin tanda tangan cerdik, kancing telinga tidak ada dan rantai emas tergoncang. Rolex atau Jaeger LeCoultre, bagaimanapun, apakah itu emas, platinum atau stainless steel, dipandang sepenuhnya dapat diterima.

Antoine Pin, managing director bisnis jam tangan dan perhiasan LVMH di Inggris, menunjukkan bahwa kode pakaian pria sangat terbatas. "Lemari kami terutama terdiri dari jas, kemeja, sweater dan celana jins, jadi jam tangan adalah satu dari sedikit tempat yang bisa Anda ekspresikan kepribadian Anda, atau bagaimana perasaan Anda," katanya.

Pin juga menunjukkan bahwa satu-satunya barang lain yang digunakan pria untuk mengekspresikan diri mereka sendiri, atau untuk dipamerkan dengan, adalah mobil mereka. Tapi mobil mencolok menjadi kurang populer: mobil tidak hanya berukuran besar, mahal, tidak nyaman, berbahaya, dan nyaman, tetapi memiliki kelemahan besar dibandingkan jam tangan: mereka diparkir di garasi daripada dipajang di mana semua bisa melihatnya. . Jam tangan adalah Porsche yang bisa Anda ambil untuk rapat - dan juga tidak membahayakan planet ini.

Untuk memanfaatkan semua ini, industri jam tangan telah melakukan tiga hal: satu, membuat ciptaannya maju secara teknologi dan menakjubkan dalam konstruksi, lebih seperti mobil sport kelas dunia; dua, memastikan bahwa itu terus memperkenalkan model baru; tiga, menghabiskan banyak uang untuk memberi tahu kami tentang mereka. Oleh karena itu iklan glossy wall-to-wall.

Aspek teknologi tentu saja sangat penting. Pria, secara intrinsik, kutu buku; Mereka mencintai tidak lebih dari barang yang tidak hanya terlihat bagus namun memiliki banyak fungsi dan konstruksi yang akan banyak membutuhkan banyak pengrajin. Salah satu model Patek Philippe yang sangat tertagih, edisi terbatas Kaliber 89 - jam tangan paling rumit di dunia - memiliki 33 fungsi (termasuk memberi tahu Anda saat matahari terbit dan terbenam, menunjukkan tahun kabisat, memberikan tanggal Paskah, serta sebuah termometer dan layar fasa bulan) dan 1.278 bagian, yang mencakup 68 mata air dan 24 tangan. Satu terjual pada lelang di tahun 2004 lebih dari $ 5 juta.

Dan karena kemajuan teknologi dan perbaikannya, perusahaan jam tangan mampu menghasilkan inovasi baru dengan frekuensi yang semakin meningkat. Merek utama akan memperkenalkan model baru setidaknya setahun sekali, biasanya diluncurkan di pameran tahunan industri, Baselworld, di mana semua perusahaan menghabiskan banyak bangunan mewah, bertingkat tiga, perabotan mewah untuk menampilkan desain terbaru mereka.

Para pemain besar industri akan menginvestasikan antara 10 dan 25% pendapatan mereka dalam periklanan dan pemasaran: jutaan akan terus membeli halaman di majalah yang mencapai target pasar mereka, dan jutaan lagi akan mensponsori tim olahraga atau pemain yang meminjamkan merek mereka ke tepi. mereka membutuhkan. Sebagai gantinya, majalah akan menampilkan jam tangan mereka di halaman editorial mereka - karena pembaca mereka ingin tahu tentang mereka karena karena perusahaan arloji akan mengharapkan dukungan mereka sebagai imbalan atas jumlah uang yang mereka investasikan. Misalnya, iklan tontonan akan mencapai sekitar 18% dari total pendapatan iklan dari majalah pria kelas atas yang khas.

Tahun ini sebenarnya sama rumitnya dengan industri jam tangan mewah seperti pada orang lain. Nilai ekspor jam tangan Swiss untuk bulan Oktober tahun ini adalah £ 780m, turun 22,7% dari bulan Oktober lalu. Di Inggris, bagaimanapun, hal itu bisa saja jauh lebih buruk. Pound yang lemah berarti banyak pengunjung datang ke negara ini untuk membeli jam tangan dan perhiasan sehingga menghemat pasar Inggris dari penurunan penjualan sebesar 30%.

Perekonomian juga mendikte perubahan dalam apa yang pria ingin beli. Sarah Carlsen, kepala pers di Cartier, mengatakan bahwa pelanggannya juga tidak lagi ingin membuat pernyataan yang sombong. "Pembeli pasar bull yang mencolok sudah lama hilang," katanya. "Kami sekarang menjual kepada pria yang ingin melakukan pembelian cerdas, ingin menjadi bagian dari klub tak dikenal dari mereka yang tahu, memahami dan menghargai komplikasi dari arloji horizontal horizon."

Dan berbicara tentang pembelian cerdas, memang benar jika Anda memilih jam tangan dengan hati-hati, ini akan terus berlanjut, atau bahkan meningkat, nilainya. Salah satu alasan mengapa penjualan lelang timepieces tetap apung karena pembeli menyadari bahwa kualitas jam tangan pra-dimiliki adalah tempat yang aman untuk uang tunai. Satu arloji, Patek Philippe Henry Graves Supercomplication dari tahun 1930an, terjual satu dekade yang lalu oleh Sotheby's dengan rekor $ 11.5m.

Tapi ini juga tentang kesenangan sederhana, tentu saja. Saya memiliki lima jam tangan - Jaeger LeCoultre Reverso, seorang vintage tahun 1960an Rolex Submariner, Tag Heuer Carrera, seekor Manometro oleh Giuliano Mazzuoli dan sebuah Swatch - dan saya menikmatinya semua secara setara. Dan, suka atau tidak, model yang Anda kenakan memang mengatakan sesuatu tentang Anda. Dan ini belum tentu harganya: seperti yang diilustrasikan Obama, Anda bisa menjadi pemimpin dunia bebas dan arloji Anda berharga tidak lebih dari £ 260, sementara Diego della Valle, pemilik miliarder kerajaan mode Tod, selalu berolahraga. Swatch yang sederhana namun sempurna.

Apakah harganya £ 50 atau £ 5.000, pria jam menonton dengan cara yang sama beberapa wanita mungkin mencatat sepatu lain. Itu yang kita lakukan. Dan industri jam tangan sangat senang dengan itu.

Komentar

Postingan Populer